Bola Kecil, Pengertian

Ketika kita mengenyam bangku sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA mungkin kita tak heran lagi dengan istilah nama Olahraga Permainan Bola Kecil. Namun tahukah anda apa itu Permainan Bola kecil ? baik disini saya akan memaparkan mengenai Permainan bola kecil agar anda paham dan mengerti apa itu bola kecil.

Pengertian Bola Kecil

Permainan bola keci merupakan sebuah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil, biasanya dalam permainan ini menggunakan alat pendukung dalam permainannya seperti raket, tongkat dan bet.Sama halnya bola besar, permainan bola kecil juga membutuhkan tempat atau lapangan khusus serta memiliki beberapa peraturan saat bermain.


Namun banyak cabang permainan bola kecil telah banyak dilombakan dalam sekala Nasional dan Internasional. Selain dari pada itu permaina bola kecil juga memeiliki banyak talit berbakat, namun tidak setenar atlit permainan bola besar. Kebanyakan memang olahraga permainan bola kecil kurang dikenal oleh masyarakat namun dalam kenyataannya masyarakat sering memainkannya.

Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil 
Macam macam permainan yang termasuk permainan bola kecil beserta penjelasannya secara umum sebagai berikut :
1. Tenis meja
Awal mula tenis meja muncul berasal dari negara Inggris dengan sebutan gossime, kemunculannya dimulai pata tahun 1800 di inggris dengan peralatan meja makan dan bola dari gabus. Pingpong sebagai olahraga serius pada tahun 1922 hingga akhirnya terbentuknya Federasi Tenismeja Internasional (ITTF) yang terdiri dari 140 negara anggota pada tahun 1926. Tenis meja adalah olahraga yang dimainkan oleh dua pasang (ganda) atau dua pasang (tunggal) dengan menggunakan alat bet yang dilapisi karet dan bola terbuat dari bahan selulosa dan meja sebagai lapanganny.  
2. Softball
Permainan Softball lahir di Amerika Srikat, pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock. Permainan Softball adalah olahraga beregu yang terdiri atas dua tim. Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau haredball. Bola softball ini berdiameter antara 28-30,5 centimeter, bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan time yang memukul (offense). tiap tim berlomba mengumulkan angka (run) dengan memutar 3 seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.
3. Bulutangkis
Bulutangkis menurut sejarah berasal dari india yang dinamakan poona, lalu permainan ini dibawa ke Inggris dan dimainkan di taman istana milik Duke de Beufort di Badminton Gloucenter Shire pada tahun 1873 sehingga permainan ini disebut juga Badminton. Pada tanggal 5 juli 1934 dibentuk IBF (International Badminton Federation). Bulutangkis sendiri adalah permainan yang dimainkan oleh satu lawan satu atau dua lawan dua dengan menggunakan raket sebagai alat pemukul dan kok sebagai objek pukul serta lapangan persegi empat dengan Net sebagai batas pembatas daerah permainan sendiri dan lawan.
Bola Kecil, Pengertian Bola Kecil, Pengertian Reviewed by Unknown on October 26, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Dari 3 permainan bola kecil diatas yang sangat populer adalah bulutangkis, dan sudah banyak atlet kita yang berprestasi seperti yang di asian games 2018 kemarin ada 2 minion (kevin sanjaya-marcus gideon) dan jonatan christie yang merebut medali emas untuk Indonesia.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.