Atletik Lari Jarak Menengah

Pengertian Lari Jarak Menengah
Lari jarak menengah menempuh jarak 800 m dan1500 m. Start yang digunakan untuk lari jarakmenengah nomor 800 m adalah start jongkok,sedangkan untuk jarak 1500 m menggunakan startberdiri. Pada lari 800 m masing –masing pelari berlaridi lintasannya sendiri, setelah melewati satu tikunganpertama barulah pelari–pelari itu boleh masuk ke dalam lintasan pertama. Halyang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah adalah penyesuaian antarakecepatan dan kekuatan / stamina dari masing –masing pelari.Gerak lari jarak menengah (800 m- 1500 m) dan sedikit berbeda dengan gerakanlari jarak pendek. Terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak

Start
Didalam teknik dasar start berdiri, aba-aba mulai yang dipakai terdiri dari dua tahap yakni aba-aba bersedia dan aba-aba pistol (ya). Adapun cara melakukan adalah antara lain sebagai berikut :
1. Sikap awal
  • .      Sikap awal (permulaan) adalah disaat aba-aba dinyatakan bersedia, maka para pelari maju kedepan dan menempatkan kaki kiri dibelakang garis start disertai dengan lutut agak dibengkok sedangkan kaki kanan dibelakang lurus.
  • .       Condongkan badan kedepan dan berat badan ditujukan dikaki kiri.
  • .  Kemudian kedua lengan tergantung lemas yang diikuti dengan siku yang sedikit agak dibengkokkan dan berada didekat beban.
  • .       Arah pandangan kedepan yang dibarengi dengan keadaan leher yang rileks.

2. Pelaksanaan
Disaat diberikan aba-aba “ya” atau aba-aba dengan bunyi pistol, maka hal tersebut menjadi pertanda bahwa para pelari segera berlari dengan sekencang-kencangnya dengan menolakkan dan juga melangkahkan kaki sebelah kanan kedepan yang berbarengan dengan ayunan tangan sebelah kiri kedepan kemudian tangan sebelah kanan kebelakang.

Teknik lari
Gerakan teknik lari jarak menengah, pada dasarnya sama atau hamper sama dengan gerakan lari jarak pendek. Namun pada lari jarak menengah, dimana siswa saat berlari harus mampu berlari cepat dan lebih lama. Teknik lari jarak menengah sebagai berikut.
  • .       Pada saat menempatkan kaki pada tanah atau lintasan dimulai dari ujung kaki ke tumit dan terus menolak lagi dengan ujung kaki ke tumit dan terus menolak lagi dengan ujung kaki.
  • .      Pengangkatan lutut sewaktu berlari tidak terlalu tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan dengan lari jarak pendek.
  • .       Gerakan lengan lebih ringan, artinya tidak sekuat seperti pada lari jarak pendek.
  • .      Lengan digerakan atau diayun mulai dari bahu, dengan gerakan agak kesamping sedikit dari bahu itu.
  • .      Badan agak condong kedepan diantara antara 10-15 derajat dari garis vertical, tetapi dengan kaki rileks.

Perhatikan gambar di bawah ini

Teknik melewati garis finis
Teknik untuk melewati garis finis pada lari jarak menengah sama seperti lari jarak pendek. Pemahaman dan penguasaan terhadap teknik gerakan melewati garis finis penting dimiliki oleh setiap pelari tujuannya adalah untuk menjaga bila pada saat memasuki garis finis ada beberapa pelari bersamaan.



Atletik Lari Jarak Menengah Atletik Lari Jarak Menengah Reviewed by Unknown on October 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.