Pentingnya Latihan Kebugaran Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelahan yang berarti. Hal ini hampir sama dengan pengertian kebugaran jasmani yang dikemukakan oleh Sudarno (1992:9) bahwa kebugaran jasmani adalah suatu keadaan saat tubuh mampu menunaikan tugas hariannya dengan baik dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga baik untuk mengatasi cadangan mendadak maupun yang darurat.

Dengan jasmani yang bugar, hidup menjadi semangat dan menyenangkan. Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan, tetapi lebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari. Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu :

  1. Fisik, berkenaan dengan otot,tulang,dan bagian lemak.
  2. Fungsi Organ, berkenaan dengan efisiensi sistem jantung,pembuluh darah, dan pernapasan (paru - paru).
  3. Respon Otot,berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecapatan, dan keluwesan.
Berdasarkan konsep kebugaran jasmani tersebut,maka kebugaran jasmani yang dibutuhkan untuk setiap orang sangat berbeda, tergantung dari sifat tantangan fisik yang dihadapinya. Contohnya, seorang kuli yang setiap hari bekerja memanggul barang-barang berat, maka ia harus memiliki kekuatan otot, anaerobic power, daya tahan, dan sebagainya yang lebih baik daripada seorang pekerja kantor. Pekerja kantor tidak banyak menguras tenaga, ia hanya membutuhkan buku-buku dari meja ke rak buku atau menekan tombol keyboard computer.

Dengan demikian tingkat kebugaran jasmani yang merekan miliki dan mereka butuhkan sangat berbeda. Kerja fisik ataupun latihan dalam jangka pendek misalnya kurang dari 5 menit, belum mutlak memerlukan pembakaran dengan terus berlangsung melalui pembakaran dengan oksigen.

Dengan demikian, jantung, peredaran darah, dan paru-paru (alat pernapasan) harus giat bekerja untuk menyalurkan oksigen ke bagian-bagian tubuh yang aktif bekerja. Jadi, gerak kerja ataupun latihan yang cukup lama sebenarnya mendorong kerja jantung, peredaran darah, dan paru-paru sehingga dapat menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik dari keadaan daya tahan tubuh,terutama jantung. Adapun perubahan - perubahan tersebut dinamakan “efek latihan”.
Efek latihan itu antara lain :



  • Alat alat pernapasan bertambah kuat sehingga memungkinkan aliran udara yang cepat kedalam dan keluar paru-paru.
  • Kerja jantung bertambah kuat dan efisien untuk dapat memompakan lebih banyak darah yang mengandung oksigen pada tiap denyutan.
  • Peredaran darah menjadi lancar sehingga unsur-unsur gizi makanan dapat dengan mudah disuplai ke seluruh jaringan tubuh.
  • Tegangan (tonus) otot di seluruh tubuh meningkat sehingga menjadi lebih kuat.
Pentingnya Latihan Kebugaran Dalam Kehidupan Sehari - Hari Pentingnya Latihan Kebugaran Dalam Kehidupan Sehari - Hari Reviewed by Unknown on November 13, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Best casino sites for poker players - Drmcd
    The poker 평택 출장샵 sites I 제주도 출장샵 recommend are: PokerStars, BetMGM, and BetOnline. PokerStars is one 서울특별 출장마사지 of the 공주 출장샵 most 안양 출장안마 popular online poker sites, and a top

    ReplyDelete

Powered by Blogger.