Hubungan Olahraga dan Memancing dari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes


Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua di Eropah bahwa aktivitas penangkapan ikan sudah ada sejak dulu dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut.

Menurut dari beberapa sumber memancing merupakan suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa dijadikan pekerjaan, hobi, olahraga atau kegiatan di danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan dengan menggunakan sebuah alat/perangkap oleh seorang.

Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat. Olah raga dapat berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.

Berikut manfaat dari hobi memancing ikan :

1.Palepas Stress

Menurut para pemancing, aktivitas melempar kail, menunggu ikan, dan menarik kail merupakan aktivitas yang bisa melepas stres. Hanya dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tekanan, Anda sudah dapat menciptakan perasaan senang.

Apalagi jika Anda mendapat strike ketika mancing ikan besar. Perasaan senang, bangga, dan lainnya langsung bercampur aduk dalam satu waktu.

2. Menjaga Kebugaran Fisik

Selain kolam pemancingan, tempat-tempat memancing lain yang ada di pedalaman biasanya memerlukan tenaga ekstra untuk mencapai ke sana. Misalnya dengan mendayung kayuh sampan, bersepeda, mendaki bukit, berjalan kaki dan lainnya. Itu semua merupakan aktivitas yang bisa meningkatkan kebugaran fisik seseorang.

3. Hobi yang Menyenangkan

Memancing juga merupakan hobby yang menyenangkan. Dengan memancing, seseorang bisa mendapatkan pengalaman menarik serta sensasi luar biasa ketika berhasil mendapatkan tangkapan dengan alat pancingnya. Lokasi-lokasi memancing yang memiliki keindahan alam yang asri juga menjadi ajang liburan dan wisata bagi keluarga.

4. Melatih Kesabaran

Memancing juga bisa memberikan efek sabar dalam berusaha meraih sesuatu. Ini telihat dalam momen-momen memancing, butuh waktu yang tidak sedikit, dan bahkan berjam-jam menunggu umpan dimakan ikan.

Berkali-kali juga mencoba untuk menangkap ikan yang akan memakan umpan. Sebuah usaha yang ternyata melatih kesabaran ini baik untuk Anda.

5. Meningkatkan Kemampuan Berkonsentrasi

Memancing juga bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam konsentrasi. Ini terlihat dalam momen-momen dimana Anda harus terus berkonsentrasi, dan terus fokus dengan pancing Anda sejak melelmpar kail bahkan hingga saat kail disambar ikan.

Dalam melakukan perlawanan dengan ikan juga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi hingga ikan menyerah. Anda bahkan harus pintar mengaplikasikan berbagai macam teknik memancing untuk demi mendapatkan banyak tangkapan.

6. Memperluas Pergaulan

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, hobi memancing juga mendatangkan banyak teman dan meluaskan pergaulan, tentu juga wawasan bertambah. Para pemancing biasa saling bertukar pikiran dan informasi seputar hobi yang digemari ini. Bahkan, dari hobi ini bisa tercipta pertemanan bahkan hubungan kekeluargaan sampai menjadi relasi bisnis.

7. Terapi Kejiwaan

Kegiatan memancing ini bahkan dijadikan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa. Di Rumah Sakit Jiwa Greater Glasgow dan Rumah Sakit Jiwa Clyde adalah rumah sakit jiwa di Skotlandia yang menggunakan terapi memancing untuk meningkatkan kesehatan jiwa para pasiennya.


Sehingga jika kita kutip dari pengertian olahraga yang berbunyi setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat.” Hali ini selaras dengan manfaat yang diperoleh dari kegiatan memancing.
Hubungan Olahraga dan Memancing dari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Hubungan Olahraga dan Memancing dari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Reviewed by Unknown on November 29, 2017 Rating: 5

2 comments:

  1. As stated by Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 19 KG less than us.

    (By the way, it has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING about "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Click on this link to see if this short questionnaire can help you find out your real weight loss potential

    ReplyDelete
  2. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    Plus, making profit with it is as easy as 1---2---3!

    It's super easy how it works...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Do you want to start making money??

    Click here to start running the system

    ReplyDelete

Powered by Blogger.