Perencanaan Dasar – Dasar Kegiatan Penjelajahan Di Alam Bebas

Kegiatan yang sedang diminati oleh kalangan muda jaman sekarang dan paling populer adalah melakukan penjelajahan di alam bebas. Kegiatan ini memiliki daya tarik untuk anak muda dalam memperkenalkan jati dirinya kepada publik. Namun masih sangat banyak pecinta kegiatan ini yang tidak mengetahui standar keselamatan dan perencanaan yang baik dalam pelaksanaannya.

Dalam melakukan kegiatan penjelajahan di alam bebas, diperlukan suatu rencana dan persiapan yang matang. Rancanglah perjalanan dengan hati – hati agar sesuai dengan tujuan dan tingkat pengetahuan kalian tentang penjelajahan yang akan dilakukan. Hal ini merupakan langkah pertama dalam persiapan. Perencanaan dasar – dasar kegiatan menjelajahan di alam bebas meliputi : a). perlengkapan perjalanan b) perlengkapan pribadi c) perlengkapan dasar d) perlengkapan anti hujan e) perlengkapan navigasi.
Untuk penjelasan dari beberapa perencanaan dasar – dasar tersebut adalah sebagai berikut.
 
Perlengkapan perjalanan , pilih perlengkapan dan perbekalan yang sesuai selengkap mungkin, tetapi bebannya tidak melebihi kemampuan. Perhitungan beban seseorang tidak melebihi sepertiga berat badan (sekitar 15-20 kg). perlengkapan yang dibawa sewaktu perjalanan di atas harus disesuaikan dengan medan yang harus ditempuh, agar lebih praktis dan efisien untuk membawa semua perlengkapan yang akan dibawa.

Perlengkapan pribadi, perlengkapan pribadi dan khusus diantaranya: kamera, tali statis dan dinamis, harnes, ascender, descender, sling, dan lain – lain sesuai dengan kebutuhan pendakian, sepatu khusus untuk mendaki dan kotak P3K.

Perlengkapan dasar, perlengkapan dasar antara lain: ransel atau carrier, pakaian (baju, jaket, kaos oblong dan pullover dianjurkan, sarung tangan), alat masak dan makanan yang sudah dimasak, tenda ringan, kantong tidur dan peralatan MCK (Mandi Cuci Kakus).
 
Perlengkapan anti hujan, bahaya objektif seperti hujan dan angin kencang dapat dinamakan dengan perlengkapan jas hujan, yang akan melindungi kalian dari dingin yang bias membuat sakit. 

Perlengkapan navigasi, navigasi darat adalah suatu cara yang digunakan seseorang untuk menentukan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta. Oleh sebab itu pengetahuan tentang kompas dan peta serta teknik penggunaanya haruslah dimiliki dan di pahami. Alat navigasi diantaranya: peta , kompas, senter, ransel, pisau dan ikat pinggang.

Aktifitas penjelajahan di alam memang sangat menyenangkan bagi semua kalangan baik dewasa maupun anak – anak. Namun karena kita dihadapkan dengan alam dan tentunya alam tidak akan selalu bersahabat dengan kita. Mempersiapakan diri untuk menunjang aktifitas kita lebih menyenangkan sebaiknya wajib untuk membuat rencana dulu sebelum melakuakan perjalanan. Hal ini akan membantu dalam setiap kondisi yang tidak kita inginkan, sehingga perjalanan kita akan lebih menyenangkan.
Perencanaan Dasar – Dasar Kegiatan Penjelajahan Di Alam Bebas Perencanaan Dasar – Dasar Kegiatan Penjelajahan Di Alam Bebas Reviewed by Unknown on October 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.