Sistem Pertandingan Bola Voli


Setelah mengetahui unsur-unsur yang ada dalam bola voli, tentu kita harus mengetahui sistem pertandingannya juga. Peraturan sistem pertandingan ini adalah hal basic yang harus diketahui para pemain bola voli. Terutama bagi Anda yang ingin menjadi pemain bola voli yang handal dan profesional.

  1. Sama halnya dengan olahraga permainan yang lain, seperti bola basket dan sepak bola, voli juga mempunyai wasit untuk memimpin jalannya pertandingan.
  2. Selain wasit untuk memimpin jalannya pertandingan, ada juga 4 orang lain yang bertugas sebagai penjaga garis dan pencatat skor dalam pertandingan bola voli.
  3. Pada setiap pertandingan pada olahraga permainan bola voli ini, terdiri dari 8 tim utama yag kemudian akan dijadikan 2 grup. Sehingga ada 4 tim pada setiap grup tersebut.
  4. Setiap 1 tim bola voli terdapat 10 pemain.
  5. Dari 10 pemain bola voli tersebut hanya 6 orang yang menjadi pemain utama, pemain utama ini akan berpartisipasi di lapangan. Sedangkan 4 orang sisanya adalah pemain cadangan.
  6. Dalam permain bola voli untuk peraturan pergantian pemain beda dengan sepak bola. Pada permainan bola voli tidak ada batasan tentang pergantian pemain utama dan pemain cadangan. Pergantian pemain boleh dilakukan ketika pertandingan tengah berlangsung.
  7. Minimal jumlah orang yang bermain dalam olahraga permainan bola voli ini adalah 4 orang.
  8. Jika ada salah satu atau lebih dari satu pemain dari anggota tim yang sama juga tengah aktif bermain untuk cabang olahraga lain selain olahraga voli, maka akan ada penundaan permainan atau penundaan pertandingan.
  9. Apabila diketahui pada saat akan pertandingan satu tim tidak sampai atau kurang dari 4 pemain, maka secara otomatis pihak penyelenggara atau panitia yang bertugas pada saat pertandingan bola voli akan menganggap tim tersebut kalah tanpa harus memulai pertandingan.
  10. Masing-masing dari setiap tim akan diberikan hak untuk bermain bola maksimal tiga kali.
  11. Seorang peain bola voli dilarang atau tidak diperkenankan untuk memainkan bola di atas satu kali secara berturut-turut.
  12. Seperti permainan olahraga bulutangkis, permainan bola voli pada pertandingan selalu dimulai dengan coin toss. Apa itu coin toss? Coin toss adalah melemparkan koin ke udara yang dilakukan oleh wasit, kemudian wasit akan menangkapnya kembali dengan keadaan koin ditutup oleh tangan wasit. Kedua wakil dari setiap tim akan menebak apakah gambar yang akan tampak di tangan wasit tersebut. Bagi tim yang menjawabnya denganbenar maka tim tersebut berhak untuk melakukan servis pertama kali untuk memulai jalannya pertandingan.
  13. Ketika akan melakukan servis, salah satu orang pemain yang memang dia memiliki peran sebagai server harus segera mempersiapkan diri menuju ke luar garis pinggir di bagian belakang lapangan.
  14. Setelah itu pemain harus melemparkan bola voli ke udara, setelah itu pemain yang bertugas melakukan servis tersebut akan memukul bola tersebut hingga bola tersebut melambung dan jatuh menyebarangi net atau jatuh di lapangan lawan. Ketika servis pemain tersebut keluar dari garis lapangan permainan maka wasit akan menyatakan bahwa servis tersebut keluar, dalam hal ini istilahnya out, dan jika itu terjadi poin akan bertambah di pihak lawan. Jadi jika Anda bermain voli selalu usahakan servis Anda masuk ke daerah lapangan lawan Anda.
  15. Ketika bola hasil servis pemain sudah sampai ke daerah lapangan lawan, maka pihak lawan akan menerima bola servis tersebut atau juga bisa menahan bola hasil servis tersebut dengan melakukan passing.
  16. Sudahkah Anda tahu apa arti passing? Passing adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli dengan menahan bola voli dengan menggunakan dua lengan yang disatukan mengarah ke depan dan pada keadaan yang mendesak dalam pertandingan. Proses penerimaan bola voli dari hasil serve maupun tidak, dapat dilakukan menggunakan anggota tubuh manapun kecuali ditendang seperti pada permainan olahraga sepak bola.
  17. Jika salah satu tim sudah memenangkan pertandingan dalam dua set langsung, maka pertandingan tidak perlu dilanjutkan.
  18. Jika tim Anda dan tim lawan tidak memenangkan pertandingan voli selama dua set langsung, maka pertandingan dinyatakan perlu untuk dilanjutkan kembali dengan penambahan set. Dan apabila kedua tim memenangkan satu set masing-masing maka dalam pertandingan selanjutnya akan ditambahkan 1 set tambahan.
  19. Berbeda dengan bulutangkis, sistem perhitungan poin dari setiap pertandingan bola voli adalah 25 rally point. Jadi, jika suatu ketika kedua tim mendapatkan poin seri 24-24, maka terjadi deuce. Karena itu akan diadakan pertandingan lagi dengan tambahan angka dua poin berikutnya. Jika ada salah satu tim yang unggul terlebih dahulu dengan selisih dua poin maka tim tersebut menjadi pemenangnya. Sebagai contoh misalnya, ada pertandingan voli antara tim A dan tim B, ketika melakukan pertandingan tim A dan tim B memiliki skor seri, aitu 24-24. Pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga ada selisih dua poin diantara keduanya. Jika tim A mendapatkan poin 26 dan tim B tetap pada poin 24 maka tim A keluar sebagai pemenangnya. Bagaimana jika tim A mendapatkan nilai 26 dan tim B juga 26? Maka siapa yang meraih poin 28 terlebih dahulu dengan satu tim masih pada poin 26 akan keluar sebagai pemenangnya.
  20. Pada pertandingan babak penyisihan, nilai 1 akan didapatkan pada kemenangan suatu tim. Jadi ketika ada dua tim atau lebih dari dua tim mendapatkan nilai yang sama, maka penentuan siapa tim yang dapat menjadi juara grup dan siapa tim yang akan mendapatkan posisi runner-up akan diadakan dengan melihat dari kualitas angka di setiap tim yang masing-masing telah tim mainkan.
  21. Ketika tiap babak time-out, hanya terjadi satu kali saja time out dan dengan durasi hanya 1 menit saja.
  22. Seperti halnya dalam pertandingan sepak bola dan bulutangkis, Tiap tim dari olahraga permainan bola voli ini wajib bertukur sisi lapangan dengan tim lawan pada waktu satu babak telah berakhir.
  23. Apabila ada babak penentuan pemenang atau sederhananya pada babak ke tiga, maka tim yang mendapatkan nilai yang paling rendah dapat meminta tukar lapangan kepada tim lawan jika angka 13 sudah lebih dahulu diraih oleh tim lawan.



Pada permainan bola voli, juga terdapat sistem penghitungan angka yang perlu diketahui setiap pemain. Perolehan angka oleh tim lawan terjadi jika tim lawan tersebut dapat memasukkan bola ke daerah lapangan kita dan kita tidak dapat mengembalikannya atau tersangkut di net maka tim lawan akan mendapatkan poin. Selain itu, pihak tim lawan akan mendapatkan poin juga ketika serve yang dilakukan pihak kita tidak melalui net atau jatuh ke luar lapangan.
Sistem Pertandingan Bola Voli Sistem Pertandingan Bola Voli Reviewed by Unknown on November 17, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Over 160000 men and women are losing weight with a easy and SECRET "liquid hack" to lose 2 lbs each and every night as they sleep.

    It's proven and it works every time.

    Here's how to do it yourself:

    1) Grab a drinking glass and fill it up with water half the way

    2) Now use this weight loss HACK

    you'll become 2 lbs skinnier as soon as tomorrow!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.